Rapat Evaluasi covid-19, Dandim OKU ajak Forkopimda latih regu pemakaman

oleh -1643 Dilihat

BATURAJA- Dandim 0403/OKU Letkol Arh Tan Kurniawan S.A.P.,M.I.Pol hadiri rapat evaluasi Satgas covid-19 ya g di buka secara langsung oleh Wakil Bupati OKU Drs. Johan Anuar, S.H., M.M., yang digelar di Ruang Abdi Praja Pemkab OKU Senin (18/05/2020).
Selain Wakil Bupati OKU dan Dandim 0403,Hadir juga pada rapat tersebut Waka polres OKU, Kajari OKU, Tim Satgas Covid-19, Direktur RSUD IS, RS Dr Noesmir Baturaja dan RS Antonio Bta.

Wakil Bupati OKU Drs. Johan Anuar, S.H., M.M., mengingatkan tim satgas covid-19 untuk mengedepankan Keterbukaan informasi publik, karena menurutnya Keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik.

Melalui kegiatan ini Wabup berharap berbagai kendala dan permasalahan dapat tercipta solusi yang tepat, dimana pemohon informasi publik dapat terlayani dengan baik.

Upaya dan langkah tim satgas Covid-19 perlu ditingkatkan lagi, terlebih melihat perkembangan akhir ini terjadi peningkatan jumlah data terpapar Covid-19 di Kabupaten OKU untuk itu diharapkan peran serta aktif seluruh elemen bersatu bersama mengatasi penyebaran Covid-19 di Kabupaten OKU.

Dalam rapat tersebut juga dibahas informasi terkait 2 orang PDP yang meninggal di Palembang berasal dari Kedaton dan Bandar Agung, keduanya masih dalam posisi Pasien Dalam Pengawasan dan masih menunggu hasil SWAB, mereka belum tentu positif tetapi pemakaman harus melalui standar protokol kesehatan Covid-19.
” Masyarakat kita harus mendapatkan informasi yang banyak dan mudah agar sama sama dapat dilakukan pembenahan,” Kata Johan Anuar.

Sementara itu, Dinas kesehatan telah melaksanakan tugasnya dengan baik dengan melakukan test SWAB bagi contact tracing yang terpapar Covid-19 atau kontak erat positif nya dikejar betul oleh tim epidiomologi Dinas Kesehatan.

” Pemkab OKU telah menyiapkan Rumah Sehat di Balitbangkes Kabupaten OKU kemudian di gedung Bandiklat Kabupaten OKU,” jelasnya.

Dandim 0403 OKU Letkol ARH Tan Kurniawan S.A.P., M.I.Pol menambahkan TNI/Polri berkomitmen membantu pemerintah daerah setempat dalam penangan pandemi Covid-19 ini, TNI/Polri siap bersinergi untuk keselamatan masyarakat Kabupaten OKU.

Terkait dengan semakin banyaknya jumlah konfirmasi positif, satgas perlu mengambil langkah konkrit agar tidak terjadi lagi lonjakan terpapar Covid-19 oleh karena itu menjadi keharusan untuk nempersiapkan tim penguburan jenazah yang terlatih sesuai protokol kesehatan Covid-19.

” Ketika terjadi kasus PDP meninggal terindikasi terpapar Covid-19 maka tim selalu siap sedia 24 jam, mulai dari tahapan-tahapan persiapan, pelaksanaan dan rehabilitasi termasuk pengamanan di rumah sakit, rumah duka dan di pemakaman harus siaga,” Ujar Tan Kurniawan.

Kemudian mengenai kerumunan massa melalui Polres dan Kodim 0403 OKU terus melakukan himbauan dan sosialisasi untuk membatasi penyebaran Covid-19 , demikian juga di pasar-pasar tradisional untuk diberi jarak antar pedagang.

” beberapa waktu ini terutama menjelang lebaran di beberapa pasar tradisional dan pusat perbelanjaan agar bisa menerapkan protokol kesehatan dan memberikan sanksi tegas bagi yang kedapatan melanggar,” jelasnya.

Wakapolres OKU Kompol Edi Rahmat Mulyana, mengatakan intinya TNI, Polri khususnya Polri sudah melaksanakan langkah-langkah preventif maupun persuasif dengan melakukan himbauan dan sosialisasi setiap harinya.

” kita sudah lakukan dengan baik di tingkat Polres, Polsek kita sudah melakukan kegiatan razia, tapi sifatnya hanya sebatas menghimbau kepada masyarakat, karena kita tidak bisa membubarkan secara paksa karena ada pemberitahuan dari pemerintah pusat bahwa perekonomian masyarakat harus tetap berjalan ditengah krisis pandemi Covid-19,” Ungkap Edi.

Untuk posko terpadu yang sudah berjalan untuk dapat dioptimalkan lagi dengan memperketat seluruh jalur pintu keluar-masuk Kabupaten OKU.

Direncanakan besok Selasa (19/5/2020) pagi akan dilaksanakan apel gelar personil dan kelengkapan simulasi pemakaman Covid-19 di halaman Pemkab OKU.(Tim)

No More Posts Available.

No more pages to load.