Gotong Royong Bersama Warga, Babinsa Koramil 15/Belitang II Bersihkan Saluran Irigasi

oleh -183 Dilihat

OKU – Dalam upaya untuk memperlancar saluran pengairan persawahan, anggota Babinsa Koramil 15/Belitang II Kodim 0403/OKU Koptu Marzuki bersama warga melakukan gotong-royong membersihkan saluran irigasi di Desa Petanggan, Kecamatan Belitang Mulya, Kabupaten OKU Timur, Selasa (21/11/2023)

Dalam kegiatan tersebut melibatkan beberapa warga dan para petugas pengairan dengan sasaran utama adalah saluran irigasi. Pembersihan ini bertujuan karena dalam waktu dekat wilayah Batang Angkola akan mulai turun ke sawah. Sehingga, dibutuhkan pasokan air yang lancar

Babinsa Koptu Marzuki disela kegiatan mengatakan, beberapa hari sebelum dilaksanakan gotong-royong, anggota Babinsa dan warga melakukan pengecekan kondisi saluran irigasi.

“Sebelum dilakukan gotong-royong, dilakukan pengecekan kondisi saluran di masing-masing kawasan. Ternyata, sebagian besar perlu dibersihkan dengan gotong-royong bersama. Kemudian dilakukan koordinasi dengan perangkat desa dan petugas pengairan untuk melakukan pembersihan,” ujar Marzuki

menurutnya, Gotong-royong itu merupakan bentuk kepedulian jajaran Koramil 15/Belitang II untuk membantu masyarakat dalam wilayah desa binaan terutama di bidang pertanian.

“Sebagian saluran sumbat dan terjadi pendangkalan dipenuhi sedimen, maka dilakukan pembersihan agar air dapat mengalir lancar. Apalagi, saat ini, banyak petani mulai membajak sawah dan menyemai benih,” katanya.

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB sampai dengan selesai hasilnya saluran irigasi di Desa Petanggan berhasil dibersihkan dan air mulai mengalir dengan lancar. (Pendim OKU)

No More Posts Available.

No more pages to load.