Pimpin Apel Kesiapsiagaan Personel dan Perlengkapan Penanggulangan Bencana Alam, Dandim OKU : Bencana Alam Tanggungjawab Kita Semua

oleh -23420 Dilihat

Kodim OKU – Komando Distrik Militer (Kodim) 0403/OKU Letkol Inf Ferizal R, S.I.P memimpin Apel Kesiapsiagaan Personel dan peralatan Penanggulangan Bencana Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kodim 0403/OKU yaitu Kabupaten OKU, Apel Gelar pasukan tersebut digelar di Lapangan Pemkab OKU Jln. A. Yani KM 7 Kemelak Bindung Langit, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU, Rabu (01/02/2023)

Dalam amanatnya Dandim OKU mengatakan bahwa Dengan memasuki musim penghujan seperti saat ini potensi terjadinya bencana alam sangat besar untuk itu perlu adanya peran dan partisipasi kita semua dalam menghadapi kemungkinan terjadinya bencana alam.

“Sebagai Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.32/MEN.LHK/SETJEN/KUM.I/3/2006. Tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan dinyatakan penanggulangan bencana karhutla merupakan suatu rangkaian kegiatan yang bersifat preventif dan antisipatif yang harus diselenggarakan secara koordinatif, komprehensif serentak, cepat, tepat dan akurat, dengan melibatkan lintas sektoral dan lintas wilayah sehingga memerlukan koordinasi sebagai instansi terkait dengan penekanan kepedulian publik dan mobilisasi masyarakat, ” tegas Dandim

“Bahwa pelaksanaan apel siaga bencana yang dilakukan oleh Pemerintah, TNI – POLRI bersama-sama instansi terkait sebagai wujud nyata sinergitas kesiapsiagaan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam di Tahun 2023, Bencana alam terjadi secara mendadak dan tidak dapat diprediksi oleh karena itu perlu adanya kelancaran komunikasi dan koordinasi antar lintas sektoral kepentingan sehingga penanganan yang cepat bila terjadi bencana alam dapat dilakukan secara cepat dan bermanfaat, sehingga hal-hal yang lebih buruk tidak terjadi”ucapnya.

“Oleh karena itu tanggung jawab selalu melindungi, mengayomi dan melayani agar bisa menciptakan masyarakat yang produktif, sekali lagi misi kita dari negara bagaimana memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat agar mampu menciptakan masyarakat yang produktif namun aman, tutup Dandim. (Pendim OKU)

No More Posts Available.

No more pages to load.