Dandim OKU Letkol Inf Ferizal R, S.I.P ajak Masyarakat Sukseskan Budidaya Ikan Gabus

oleh -231 Dilihat

Kodim OKU – Membantu Pemerintah Kabupaten OKU dalam rangka percepatan mandiri pangan melalui Budidaya ikan gabus. Dandim 0403/OKU Letkol Inf Ferizal R, S.I.P kembali memberikan sosialisasi terhadap masyarakat Blok E, Desa Marta Jaya Kecamatan Lubuk Raja, Kabupaten OKU, Sabtu (15/10/2022).

Dalam sosialisasi tersebut, Dandim mengajak masyarakat untuk bersinergi dalam pembuatan kolam budidaya ikan gabus. Direncanakan ada 520 unit kolam ikan gabus yang akan dibangun di Kecamatan Lubuk Raja.
” Intinya kita datang kembali ke Blok E Desa Marta Jaya, Kecamatan Lubuk Raja untuk mengajak masyarakat untuk bersinergi bersama TNI AD untuk membuat 520 unit kolam ikan gabus. Hal ini gunanya untuk membantu pemerintah dan masyarakat dalam percepatan mewujudkan Kabupaten OKU sebagai sentra budidaya ikan gabus,” Ujar Letkol Ferizal.

Dikatakan Dandim, dengan dibangunnya 520 unit kolam budidaya ikan gabus, diharapkan Kabupaten OKU Kedepan akan menjadi ikon sebagai penghasil ikan gabus melalui budidaya. Hal ini selaras dengan program pemerintah Provinsi Sumsel dan Kabupaten OKU dalam mewujudkan gerakan Sumsel mandiri pangan.
” Kabupaten OKU Timur sudah terkenal sebagai lumbung beras, kemudian OKU Selatan sebagai penghasil jagung. dan Kabupaten OKU nantinya juga akan memiliki ikon sebagai penghasil ikan gabus,” Jelasnya.

Lebih jauh Dandim menjelaskan, budidaya ikan gabus cukup mudah dan memiliki nilai ekonomi tinggi. dimana selain pengolahan dagingnya, ikan gabus juga banyak diburu untuk di ambil minyak ikannya (albumin). dimana saat ini untuk satu liter albumin dihargai Rp 1,8 Juta. untuk menghasilkan 1 liter albumin hanya diperlukan 10 kg ikan gabus. sisa pengambilan albumin masih bisa dimanfaatkan sebagai makanan seperti abon.

” Ternaknya cukup mudah, dan makannya juga cukup irit dibanding ikan lele. yang pasti nilai ekonomi nya cukup tinggi sehingga bisa mensejahterakan masyarakat,” Kata Putra asli Jambi ini.
dihadapan masyarakat Marta Jaya, Dandim mengungkapkan TNI AD khusunya Kodim 0403/OKU selalu siap dan hadir ditengah kesulitan masyarakat. Tak hanya membantu di bidang pertanian saja namun seluruh sektor termasuk perikanan. (Pendim OKU)

No More Posts Available.

No more pages to load.