Sejarah KODIM 0403 / OKU

oleh -6315 Dilihat
oleh

Organisasi Kodim 0403/Ogan Komering Ulu dibentuk sebelum Tahun 1960 dengan sebutan Perwira Distrik Militer ( PDM ) . Diantaranya pejabat Komandannya Letnan satu M. Nuh yang bermarkas di Jln. Darmo Sugondo bekas bangunan Belanda di Baturaja dengan tanggung jawab keamanan meliputi wilayah Baturaja, Martapura dan Muaradua yang sekarang ini sudah menjadi Kabupaten Ogan Komering Ulu, Ogan Komering Ulu Timur, Ogan Komering Ulu Selatan.

Tugas utama dari PDM ( Perwira Distrik Militer ) melaksanakan Operasi-operasi Teritorial. Satuan Perwira Distrik Militer membawahi BODM ( Bintara Onder Distrik Militer ) yang tersebar disetiap kecamatan-kecamatan. Pada tahun 1960 dari PDM berganti nama menjadi Komando Distrik Militer 0403/Ogan Komering Ulu berdiri sendiri juga bermarkas di bekas kantor PDM yang berkedudukan di jalan Darmo Sugondo bangunann Belanda dan organisasinya sama dengan organisasi PDM baik personel maupun stafnya, BODM menjadi Buterpra ( Bintara Urusan Teritorial dan Perlawanan Rakyat ) selanjutnya menjadi Komando Rayon Militer ( Koramil ).

Sesuai dengan keputusan Kasad Nomor : Kep/130/IV/1981 tanggal 4 April 1981 dengan realisasi Skep Pangdam Nomor : Skep/58/VI/1981 tanggal 30 Juni 1981, maka terbentuklah Korem 044/Gapo dan pada tahun 1981 Kodim 0403/BS menjadi Komando Distrik Militer 0403/Ogan Komering Ulu yang bermarkas di jalan Darmo Sugondo bekas kantor PDM.

Pada bulan Januari 1984 Markas Komando Distrik Militer 0403/Ogan Komering Ulu pindah ke jalan A.Yani bangunan TNI AD yang sudah sesuai dengan peraturan Angkatan Darat, seiring perkembangan zaman sekarang ini dan telah berlakunya otonomi daerah wilayah Komando Distrik Militer 0403/Ogan Komering Ulu terdiri dari satu kabupaten yaitu Kabupaten Ogan Komering Ulu di mekarkan menjadi tiga kabupaten , yaitu : a. Kabupaten Ogan Komering Ulu ( OKU ) yang berkedudukan di Baturaja. b. Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur ( OKUT ) yang terbentuk pada tanggal 17 Januari 2003 yang berkedudukan di Martapura. c. Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan ( OKUS ) yang terbentuk pada tanggal 17 Januari 2003 yang berkedudukan di Muaradua.

Sehingga wilayah dan tanggung jawab Komando Distrik Militer 0403/Ogan Komering Ulu menjadi 3 ( tiga ) wilayah kabupaten.

Sesuai hasil rapat dan koordinasi antara pejabat TNI dan Pemda Ogan Komering Ulu dan DPR di dapat kesepakatan dan Keputusan yang syah dan diakui , maka terjadilah tukar guling antara Pemda dengan TNI maka berdirilah suatu bangunan yang diperuntukkan untuk Kodim 0403/Ogan Komering Ulu yang berkedudukan di Jalan A. Yani KM 6,5 Kelurahan Kemelak Bindung Langit Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten Ogan Komering Ulu, pada tanggal 9 Maret 2006 maka secara resmi Kodim 0403/Ogan Komering Ulu pindah kedudukan ke bangunan baru yang dibangun oleh Pemda Ogan Komering Ulu pada saat itu Komando Distrik Militer 0403/Ogan Komering Ulu dijabat oleh Letnan Kolonel Arm Umar Sanusi.

No More Posts Available.

No more pages to load.