Puldata Ter di Wilayah, Babinsa Laksanakan Pengambilan Data Stunting

oleh -2008 Dilihat

Kodim OKU – Serda Aris Babinsa Koramil 01/Pengandonan melaksanakan pengumpulan data teritorial (Puldata Ter), yakni pengambilan data stunting, di Kantor Kecamatan Pengandonan, Kabupaten OKU, Jumat (14/10/2022)

Menurut Babinsa Serda Aris, dalam rangka mendukung program stunting pemerintah pusat untuk pencegahan bagi anak, dimana saat ini masih banyak kasus stunting yang ditemukan di lapangan, sehingga untuk mengetahui, dimana tempat tinggal dan jumlahnya, untuk itu mencari data yang akurat.

“Sosialisasi upaya-upaya pencegahan stunting kepada pemerintah di wilayah dan kader-kader Posyandu dan peran serta semua pihak sangat dibutuhkan untuk mencegah stunting ini terjadi. Pencegahan dapat dilakukan dengan meningkatkan pola hidup bersih dan sehat serta pemenuhan gizi yang seimbang untuk ibu hamil dan anak,” ungkapnya.

Babinsa juga menjelaskan, pemberian makanan tambahan bagi ibu hamil merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk membantu para ibu hamil, agar dapat menjalani proses kehamilan dengan lancar dan menjaga kesehatan ibu secara langsung dan memiliki nutrisi yang terpenuhi dengan baik, seperti biskuit makanan tambahan ibu hamil hanyalah pelengkap yang dapat dikonsumsi oleh ibu hamil secara rutin.

“Penentuan data stunting sangat diharuskan untuk mencegah terjadi kelalaian dalam menangani gizi buruk pada balita usia dini. Dengan kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan, banyak orang tua tidak tahu, tanda dari adanya masalah gizi kronis pada pertumbuhan anak,” terang dia.

Ditambahkan Serda Aris, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab Babinsa dalam melakukan pembinaan teritorial.

“Kami selaku Babinsa di wilayah binaan akan terus meningkatkan kepedulian dan dukungan terhadap program-program pemerintah pusat hingga pemerintah daerah,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Kecamatan Pengandonan setempat, berharap kegiatan ini terus berjalan aman, dan saya sangat senang dan bangga terhadap TNI khususnya Babinsa yang sudah terjun ke lapangan untuk membantu kami di wilayah binaan yang dapat mempererat hubungan yang baik antara Babinsa dan masyarakat. (Pendim OKU)

No More Posts Available.

No more pages to load.