Pelda Jumakir Babinsa Koramil 403-05/Buay Madang Berantas Hama Tikus.

oleh -1952 Dilihat

Kodim OKU – Sebagai upaya memberantas hama tikus dilahan pertanian (persawahan) Desa Tulus Ayu Kecamatan Buay Madang Raya puluhan petani dibantu anggota Koramil 403-05/Buay Madang melaksanakan Gropyok Tikus dilokasi persawahan Poktani Tumpang Rejo Desa Tulus Ayu Kecamatan Buay Madang Raya, Selasa (15/12/2020).

Kegiatan ini juga diikuti Ketua Poktani Tumpang Rejo, Babinsa Pelda Jumakir, PPL, dan Para petani 17 orang.

Disela-sela kegiatan tersebut, Pelda Jumakir, selaku Babinsa Tulus Ayu mengatakan, dalam rangka menjalankan tugas pokok TNI selain perang, Anggota Kodim 0403/OKU membantu warga membrantas hama tikus yang meresahkan warga.

“Kegiatan tersebut atas permintaan dari aparat Desa setempat, kepada Koramil 403-05/Buay Madang, sehingga kami tindaklanjuti untuk ikut membantu mengropyok tikus yang mengganggu lahan persawahan” ungkapnya.

Dengan dilaksanakannya kegiatan, diharapkan hama tikus diwilayah Desa Tulus Ayu dan sekitarnya dapat berkurang dan dapat meningkatkan hasil Pertanian, untuk percepatan swasembada pangan khususnya di Kecamatan Buay Madang Raya.

“Gropyok ini adalah dengan cara yang dilakukan alami dan ramah lingkungan, karena sama sekali tidak memakai bahan kimia, kegiatan ini juga menumbuhkan rasa kebersamaan dan kegotong-royongan,” tandasnya.

Ketua Poktani Tumpang Rejo yang mengikuti kegiatan tersebut menambahkan, upaya perang terhadap hama tikus sawah ini merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan hasil panen petani di Desa Tulus Ayu.

“Dengan adanya pendampingan dari Babinsa Koramil 403-05/Buay Madang dan petugas PPL secara berkelanjutan kami optimis akan mendapatkan hasil panen terbaik tahun ini. Sebagai buktinya dalam gropyok sawah bersama ini kami berhasil menangkap sekitar 260 ekor tikus dengan peralatan seadanya,” tuturnya. (Pendim OKU).

No More Posts Available.

No more pages to load.