Pasiops Kodim 0403/OKU Kapten Inf Liswandi Mendampingi Wakil Bupati OKU dalam Kegiatan Sosialisasi Kesiapsiaagaan Karhutla

oleh -3684 Dilihat

OKU – Pasiops Kodim 0403/OKU Kapten Inf Liswandi mewakili Dandim 0403/OKU Mendampingi Wakil Bupati OKU dalam Kegiatan Sosialisasi Kesiapsiaagaan Karhutla di Aula Kantor Camat Sosoh Buay Rayap Kab.OKU yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati OKU Drs. Johan Anuar, SH, MM., . Sabtu,(12/09/2020)

Hadir dalam acara Wakil Bupati OKU, Kapolres diwakili Kapolsek, Kaban BPD, Anggota DPRD, Kepala dinas PMD, Camat dan perangkatnya, Kepala Desa, Kadus, dan Tamu undangan.

Camat Sosoh Buay Rayap menyampaikan kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Sosoh Buay Rayap kini tidak separah dulu, di tahun ini jumlah kebakaran hutan dan lahan jauh lebih berkurang. Warga mulai sadar dan mematuhi bahaya serta dampak pembakaran lahan bebas, hal ini berkat sinergitas pemerintah kecamatan, koramil dan polsek Sosoh Buay Rayap didukung para kades dan BPD serta semua elemen masyarakat.

Beliau juga menyatakan bahwa masyarakat peduli api merupakan mitra pemerintah yang terbentuk dari berbagai elemen yang tujuan utamanya adalah mengoptimalkan peran masing-masing dalam pengendalian karhutlah.

Wabup OKU Drs. Johan Anuar, S.H., M.M., mengatakan langkah-langkah kesiapsiagaan satgas karhutlah tingkat Kecamatan Sosoh Buay Rayap untuk menyatukan gerak langkah antisipasi dan peningkatan kewaspadaan dini terhadap potensi karhutlah dan semak belukar.

Saya mewakili Pemkab OKU menghimbau kepada setiap orang, kelompok masyarakat dan badan hukum yang menjalankan usaha dalam bentuk apapun dilarang melakukan pembukaan lahan dengan cara membakar.

Setiap warga masyarakat harus berperan diharapkan partisipasi aktif dalam mengawasi kondisi semak belukar yang ada disekikarnya dari ancaman bahaya kebakaran.

Maka, tekad utama yang harus kita laksanakan adalah “OKU Tanpa Polusi Asap”

Penanggulangan bencana karhutlah merupakan suatu rangkaian yang bersifat preventif dan antisipatif yang harus diselengarakan secara koordinatif, komprehensif, serentak, cepat, tepat dan akurat dengan melibatkan lintas sektoral dan lintas wilayah sehingga memerlukan koordinasi dari berbagai instansi terkait dengan penekanan kepedulian publik dan mobilisasi masyarakat.

Untuk itulah melalui sosialisasi ini saya intruksikan agar satgas karhutlah selalu siaga, semua posko dari tingkat kecamatan hingga yang ada di desa agar difungsikan dengan sebaik-baiknya

Serta kita mampu mendukung kebijakan pemerintah dan pemerintah provinsi Sumsel terkait dengan penanggulangan setiap gejala karhutlah dan semak belukar.(Tim)

No More Posts Available.

No more pages to load.