Kodim 0403/OKU Gelar Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana Tahun 2022

oleh -852 Dilihat

Kodim OKU – Sebagai Ujung Tombak TNI AD, Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil) melaksanakan langkah-langkah konkret melalui pembinaan masyarakat tanggap bencana di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) terutama wilayah rawan terjadi bencana alam.

Implementasi yang diwujudkan dengan kegiatan Bakti TNI itulah yang dilaksanakan oleh Komando Distrik Militer (Kodim) 0403/OKU melalui “Program Pembinaan Masyarakat Tanggap Bencana Tahun 2022” dengan mengusung tema “Bersama TNI Membangun Bangsa”,

Kegiatan yang dipimpin langsung Dandim 0403/OKU Letkol Inf Ferizal R, S.I.P tersebut digelar di Aula Alsintan Makodim 0403/OKU Jalan A. Yani KM 6 Kemelak Bindung Langit, Kecamatan Baturaja Timur, Kabupaten OKU, Kamis (08/09/2022)

Dalam sambutannya, Dandim 0403/OKU Letkol Inf Ferizal R, S.I.P menyampaikan, kegiatan ini merupakan suatu wujud kepedulian TNI kepada masyarakat untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan apabila terjadi bencana alam.

“Selain itu juga untuk mengatasi kesulitan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga akan terwujudnya Kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” terang Dandim

Terkait perkembangan penyebaran Covid-19 yang sampai sekarang ini masih belum berakhir, Dandim mengajak kepada seluruh peserta supaya tetap mengikuti Protokol Kesehatan (Prokes) dan dapat menjadi contoh dalam penerapan sehari-hari.

“Menyikapi situasi saat ini, kita harus tetap ikuti Prokes Covid- 19 yang berlaku dan kita bisa jadi contoh penerapannya dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya. Kegiatan yang diikuti sebanyak 60 orang masyarakat binaan Kodim 0403/OKU itu diisi dengan materi.

“Sosialisasi Menghadapi Prabencana, Saat dan Pasca Bencana” dan “Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana Alam” oleh Gunalpi wasdal operasional BPBD OKU

Dalam sosialisasi, peserta diberikan materi, diantaranya ke pemadaman, penanganan kebocoran gas elpiji, pengetahuan tentang APAR, serta praktek pemadaman api dengan metode tradisional dan modern. Memberi pengetahuan dasar kepada masyarakat tentang penanganan kebakaran, penyebab, tanda-tanda, dan penanganan kebakaran. Sekaligus memberi tips agar tidak panik menghadapi api.

Sosialisasi dan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada peserta, sehingga dapat membantu memberikan pertolongan atau upaya awal dalam penanganan bahaya kebakaran.

“Kami juga mengimbau masyarakat, untuk peduli dengan upaya pencegahan bahaya kebakaran. Pemadaman dan pencegahan kebakaran bukan hanya tanggung jawab pemerintah daerah, tapi juga tanggung jawab bersama”. Pungkas Gunalpi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Kasdim 0403/OKU Mayor Czi Agus Supriyadi, seluruh perwira staf, seluruh Danramil jajaran Kodim 0403/OKU, dan selaku perwira acara dan selaku koordinator kegiatan Pasiter Kodim 0403/OKU Lettu Arm Antoni. (Pendim OKU)

No More Posts Available.

No more pages to load.