Danramil 403-14/SS III Kodim 0403/OKU Kapten Inf Supriyono Mendampingi Gubernur Sumsel Pada Kegiatan Kunjungan Kerja Dalam Rangka Meresmikan Dimulainya Panen Pedet Kab.OKU Timur

oleh -1182 Dilihat

OKU Timur – Danramil 403-14/SS.III Kodim 0403/OKU Kapten Inf Supriyono Beserta Anggota Mendampingi Kegiatan Kunjungan Kerja Gubernur Sumsel dalam rangka meresmikan dimulainya panen pedet atau anak sapi dengan tema “Membangun Kedaulatan Pangan Ternak Sapi dari Daerah” di Desa Margodadi, Kecamatan Semendawai Suku III, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Minggu (29/11/2020).

Hadir dalam kegiatan Gubernur Sumsel beserta rombongan, Kadis Tanaman pangan Provinsi Sumsel, Bupati Oku Timur, Danpuslatpur Kodiklat TNI AD di Wakili Pasiter, Perwakilan anggota DPRD Oku Timur, Kadis Tanaman pangan Pemkab Oku Timur, Para Kadis/Kabadan Pemkab. Oku Timur, Unsur Muspika Kecamatan Semendawai Suku III, dan Petani sapi sewilayah Oku Timur.

Panen pedet tersebut merupakan hasil ensiminasi sapi buatan yang diresmikan Gubernur Sumsel Herman Deru pada awal tahun 2020 lalu dan sukses melahirkan 10 ribu ekor anak sapi unggul.

Pada kesempatan itu, Herman Deru mengajak semua masyarakat Desa Margodadi untuk terus serius dan fokus berternak sapi dan terus didukung dengan ensiminasi sapi buatan. “Saya berterima kasih kepada masyarakat yang sudah mendukung Kabupaten OKU Timur sebagai daerah penghasil peternakan, perikanan dan pertanian,” ungkap dia.

Gubernur juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Bupati OKU Timur dan Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten OKU Timur atas inovasi daerah yang dilakukan melalui inseminasi sapi buatan ini.

Sementara itu, Bupati OKU Timur, Kholid Mawardi mengatakan, sebenarnya ide panen pedet ini berawal dari melihat sejarah dari para tokoh masyarakat OKU Timur yang konon dahulu banyak menitipkan sapi-sapi di masyarakat untuk dipelihara dan dibudidayakan.

Dia menjelaskan, pada tahun 2005 lalu terjadi kemerosotan ternak akibat pencurian. Berdasarkan data tahun 2016 terdapat 69.000 sapi dimiliki OKU Timur.

“Saat ini target yang ingin dicapai sampai akhir tahun 2020 ini mencapai 82 ribu ekor sapi ada di OKU Timur salah satunya melalu panen pedet yang dilakukan,” ungkap dia.

Usai peresmian panen pedet, dilakukan juga penyerahan secara simbolis kartu identitas anak sapi oleh Gubernur Sumsel Herman Deru kepada peternak sapi Desa Margodadi. Dilanjutkan peninjaun pasar hewan Desa Margodadi.(Tim)

No More Posts Available.

No more pages to load.