Danramil 403-02/Peninjauan Kodim 0403/OKU Kapten Arm M.Fauzi dan Babinsa Mengikuti Kegiatan Sosialisasi Pembagian Secara Simbolis Kaporlap Karhutla

oleh -575 Dilihat

OKU – Danramil 403-02/Peninjauan Kapten Arm M.Fauzi dan Babinsa Serda Agus Sodikin mengikuti kegiatan sosialisasi pembagian secara simbolis kaporlap Karhutla yang dilaksanakan di di lapangan desa Kedaton timur kec KPR kab OKU.Senin,(21/09/2020)

Dihadiri oleh Bupati Oku Bpk H.Kuryana Aziz, Wabub Bpk Johan Anwar, Anggota DPRD Oku.Bpk H. Baharudin SE, Anggota DPRD Oku.Bpk Asmunandar, Camat kec KPR.Bpk Novri Zaldi Sst .SSTP.MSI, Kapolsek Pnj Iptu Hamid SH, Sekcam kec Kpr.Bp Elizar S.ip, Seluruh Kades kec KPR, KUPTD KES KPR.Ibuk Yeni Am.keb, KUPTD Pendidikan.Bpk Kusno, KUA KPR.Bpk H.Rudi Hartono, Pemadam kebakaran kec KPR, Poktan Kedaton Timur, Toga Tomas sekedaton Timur,
Berserta anggota BPD dan Masyarakat desa Kedaton Timur.

Camat KPR Novri Zaldi, menjelaskan akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah terjadinya Karhutla, ” Ucapnya pada Acara Sosialisasi, penyerahan simbolis kelengkapan Satgas Karhutla yang dilaksanakan di Lapangan sepak Bola Kedaton Timur.

Menurutnya bencana Karhutla merupakan tanggung jawab kita bersama mulai dari pemerintahan, TNI dan Polri, dunia usaha sampai ke masyarakat.

kegiatan ini dimaksudkan juga untuk melihat dan mendengarkan aspirasi masyarakat sekitar kawasan sehingga upaya dalam pencegahan karhutla menjadi lebih efektif dan efisien.

Selain dengan pola tatap muka, upaya meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya karhutla juga dilakukan dengan pemasangan berbagai jenis peraga sosialisasi berupa papan himbauan serta spanduk berisi larangan-larangan melakukan kegiatan yang rawan menyebabkan kebakaran hutan serta mengolah lahan pertanian maupun perkebunan dengan cara dibakar.

Agar lebih masuk ke lingkungan masyarakat dan Pihak kecamatan telah membentuk Satgas Karhutla desa siaga api dan pencanangan desa bebas api.

Harun sebagai Kepala Desa Kedaton Timur juga menyambut baik dengan diadakannya kegiatan ini agar bisa lebih meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan potensi dampak kebakaran hutan dan lahan, memberikan pemahaman serta kesadaran kita semua tentang pentingnya menjaga lingkungan yang sehat, nyaman dan bersih serta berdampak pada pembangunan berkelanjutan berwawasan lingkungan.

Dalam arahannya Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis selalu mengingatkan kepada masyarakat saat membuka lahan tidak menggunakan dengan cara membakar, masyarakat yang membuka lahan dengan cara sengaja membakar akan dikenakan sangsi pidana penjara dan denda.

Kuryana juga menghimbau kepada masyarakat dan pihak terkait mari sama-sama kita berperan untuk menanggulangi bencana Karhutla di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) ini agar bebas dari asap supaya tercipta udara yang segar dan sehat.

Bupati OKU selalu mengingatkan kepada satgas untuk selalu mematuhi protokol Covid-19 dalam bertugas dan juga pesan jaga kesehatan dan  keselamatan yang lainnya juga.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan peralatan untuk pencegahan karhutla secara simbolis. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Bupati OKU kepada Kepala Desa di Ruang lingkup Kecamatan KPR.

Diharapkan dengan adanya bantuan tersebut dapat mengoptimalkan upaya pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan serta dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya kebakaran hutan dan lahan untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di kawasan Kecamatan KPR terutama desa-desa yang berbatasan langsung dengan kawasan hutan.

Wabup OKU Drs. Johan Anuar, S.H., M.M., juga menyampaikan unsur di desa bebas api  terdiri dari para pemuda karang taruna dan relawan masyarakat setempat. Untuk lebih memaksimalkan tujuan, Pemkab OKU siap memberikan pelatihan, himbauan dan sosialisasi penanganan Karhutla.

Kita libatkan semua komponen termasuk perusahaan. Saya berharap semua masyarakat merespon pencegahan kebakaran dan ikut serta aktif menghimbau larangan pembakaran hutan.(Tim)

No More Posts Available.

No more pages to load.