Covid-19, Tak Halangi Prajurit Kodim 0403/OKU Laksanakan Garjas Periodik II Tahun 2020

oleh -625 Dilihat

OKU – Dalam rangka meningkatkan kemampuan fisik untuk mendukung kelancaran tugas pokok di satuan, Kodim 0403/OKU Gelar Tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik II Tahun 2020 yang dipusatkan di Lapangan Makodim 0403/OKU.Selasa,(29/09/2020)

Kegiatan tersebut merupakan program rutin Komando Atas, yang diikuti oleh seluruh prajurit TNI dan PNS pada jajaran Kodim 0403/OKU.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur kemampuan kesemaptaan jasmani seorang prajurit secara berkala dan melihat serta mengecek kemampuan kesamaptaan prajurit.

Dandim 0403/OKU mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan itu untuk membina, dan mempertahankan kondisi jasmani prajurit dan PNS TNI AD, agar terpelihara jiwa dan raga secara prima sehingga siap setiap saat dalam menjalankan tugas.

Adapaun Penyelenggaraan kesegaran jasmani (GARJAS) terdiri dari Samapta A dan Samapta B.

“Kalau untuk Samapta A yaitu lari jarak tempuh  3.200 meter dalam waktu 12 menit” ujar Dandim 0403/OKU Letkol Arh Tan Kurniawan,S.A.P.,M.I.Pol.

Sedangkan untuk Samapta B meliputi  (push up, sit up, pull up, dan sutle run) ditambah ketangkasan berenang 50 meter.

Untuk menentukan jumlah nilai samapta B dikatakan Dandim, dari jumlah keseluruhan nilai-nilai samapta B dapat dibagi 4.

Kata Dia, dari nilai hasil keseluruhan tes Kesegaran Jasmani (samapta A+B) dapat dibagi dua, dan mendapatkan nilai akhir yang akan digunakan sebagai dasar penilaian samapta periodik, yang ditambahkan dengan nilai renang militer.

Namun demikian tidak memaksakan bagi prajurit dan PNS jajaran Kodim 0403/OKU yang tidak mampu untuk melaksanakan akibat sakit.

“Guna mengantisipasi kesehatan anggota lebih awal sebelum pelaksanaan, dilakukan  pengecekan kesehatan oleh anggota Kesehatan dari Rumkit DKT yang ada di lapangan, serta prosedur lain sesuai petunjuk pelaksanaan kesamaptaan yang di keluarkan oleh TNI AD.” tutup Dandim.(Tim)

No More Posts Available.

No more pages to load.