Cegah PMK, Babinsa Pulau Beringin Cek Kesehatan Hewan Ternak Milik Warga Binaan.

oleh -445 Dilihat

Kodim OKU – Berbagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terus dilakukan oleh Babinsa jajaran Kodim 0403/OKU. Adalah Serda Andra, Babinsa Koramil 11/Pulau Beringin ini aktif melaksanakan pemeriksaan kesehatan ternak sapi ataupun kambing milik warga di Desa Guntung Jaya, Kecamatan Sungai Are, Kabupaten OKU Selatan, Jumat (23/12/2022).

Dalam kesempatan tersebut Serda Andra mengatakan, bahwa kegiatan yang Ia laksanakan tersebut sebagai langkah pengawasan dan pencegahan terhadap wabah PMK di wilayah binaanya.

“Untuk mencegah terjadinya penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak milik warga, secara berkala kami melakukan pengecekan secara langsung,” ujarnya.

Dari hasil pengawasan dan pengecekan langsung yang Ia lakukan, semua hewan ternak sapi atau kambing di wilayah binaanya dalam kondisi sehat dan tidak ditemukan adanya ternak dengan gejala PMK.

“Alhamdulillah, semua hewan ternak sapi atau kambing kondisinya sehat. Namun demikian, kami tetap berharap agar peternak tetap menjaga kebersihan hewan ternak serta kebersihan kandang, hal ini sebagai salah satu upaya pencegahan agar terhindar dari PMK,” ungkap Andra.

Dirinya juga berharap kepada seluruh warga untuk tidak takut melaporkan kepada Tiga Pilar Desa atau Mantri Kesehatan Hewan, jika didapati kesehatan hewan ternak sapinya dengan ciri-ciri keluar air liur berlebihan serta luka pada kuku. Sehingga bila ada ternak yang terkait PMK, akan segara mendapatkan penanganan. (Pendim OKU)

No More Posts Available.

No more pages to load.