Batuud Koramil 02/Peninjauan Kembali Dampingi Petugas Vaksinasi PMK

oleh -123 Dilihat

Kodim OKU – Jajaran Koramil 02/Peninjauan kembali melaksanakan kegiatan yang dicanangkan oleh pemerintah dalam hal memberantas adanya wabah virus penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak yang tersebar di berbagai daerah.

Hal ini dikarenakan penyakit mulut dan kuku (PMK) tergolong penyakit menular yang rentan menyerang pada hewan berkuku belah atau genap seperti halnya sapi.

Untuk mengantisipasi penularan penyakit mulut dan kaki (PMK) di wilayah binaan, Batuud Koramil 02/Peninjauan, Serma Edi Kartoni pada Rabu (27/07/2022) melaksanakan pendampingan Vaksinasi hewan ternak sapi oleh Petugas dari Dinas Peternakan Kabupaten OKU.

Dimana kegiatan pemberian vaksin tersebut dipusatkan di Desa Kedaton, Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya, Kabupaten OKU.

Dandim 0403/OKU, Letkol Inf Ferizal R, S.I.P yang dikonfirmasikan melalui Danramil 02/Peninjauan, Kapten Arm M. fauzi kepada media membenarkan kegiatan tersebut.

” Ya untuk kegiatan vaksinasi PMK yang dilakukan itu menyasar pada sebanyak 200 ekor sapi milik warga, ” ujar Kapten Arm M. Fauzi

Danramil juga menghimbau bahwa penyakit ini sangat berbahaya dan mudah sekali menular melalui kontak langsung antara hewan yang tertular dengan hewan yang rentan penyakit melalui leleran lendir hidung, dan serpihan kulit.

“Kepada warga masyarakat yang memiliki ternak sapi untuk rutin membersihkan lingkungan kandangnya, dan apabila ditemui ada hewan ternak bergejala PMK, segera laporkan, sehingga dapat segera ditangani guna mencegah penularan PMK terhadap hewan lain,” Kapten Fauzi

Danramil menjelaskan bahwa pencegahan penularan PMK ini dapat dilakukan dengan cara mencuci kandang, peralatan, kendaraan, dan bahan-bahan lain yang memungkinkan bisa menularkan PMK dengan deterjen atau disinfektan.

Di samping menjelaskan pencegahan penularan PMK, Danramil juga tak lupa menghimbau warga tetap melaksanakan protokol Covid- 19 di kehidupan sehari-hari. (Pendim OKU)

No More Posts Available.

No more pages to load.