Babinsa Pengandonan Dan Bhabinkamtibmas Ingatkan Petani Tidak Buka Lahan Dengan Cara Dibakar

oleh -166 Dilihat

OKU – Babinsa Gunung Kuripan Serda Kusmidi Personil Koramil 01/Pengandonan Kodim 0403/OKU, melaksanakan komunikasi sosial (Komsos) dengan warga binaan di Desa Gunung Kuripan, Kecamatan Pengandonan, Kabupaten OKU, Jum’at (10/11/2023)

Selain monitor wilayah binaan, Babinsa Serda Kusmidi bersama Bhabinkamtibmas melakukan sosialisasi tentang pencegahan, dampak dan bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kepada warga binaan.

“Dikatakannya, secara umum ada dua hal yang menyebabkan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, yaitu secara alami dan karena ulah manusia,” kata Kusmidi

Penyebab terjadinya Karhutla secara alami yaitu adanya kilat yang menyambar pohon, adanya gesekan antara ranting tumbuhan kering yang mengandung minyak akibat goyangan angin yang menimbulkan panas atau percikan api dan faktor lainnya yang dapat menimbulkan api.

Sedangkan penyebab terjadinya Karhutla, sambung dia, akibat ulah manusia, diantaranya dikarenakan oleh beberapa kegiatan seperti pembakaran sampah sembarangan dan pembukaan lahan perkebunan atau pertanian dengan cara membakar.

“Penyebab lainnya yang berasal dari manusia adalah nyala api rokok, percikan listrik atau sumber api lainnya bersentuhan dengan bahan yang mudah terbakar,” jelas Serda Kusmidi

Lebih lanjut Kusmidi memberikan arahan dalam upaya menciptakan kesadaran tentang kebakaran hutan dan lahan kepada seluruh komponen masyarakat.

Ia mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama peduli dan berperan aktif mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dan mengimbau untuk tidak membakar sampah sembarangan serta tidak membuka lahan pertanian atau perkebunan dengan cara dibakar.

“Apabila menemukan tanda-tanda akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan, segera laporkan kepada Babinsa, Bhabinkamtibmas, aparat desa, maupun aparat terkait lainnya untuk segera ditindaklanjuti,” harapnya. (Pendim OKU)

No More Posts Available.

No more pages to load.