Babinsa Lubuk Baru Motivasi Warga Galakkan Gerakan Menanam di Lahan Kosong

oleh -461 Dilihat

Kodim OKU – Babinsa Koramil 12/Baturaja Kodim 0403/OKU, Pelda Suborno, mengajak warganya untuk menggalakkan gerakan menanam dengan memanfaatkan lahan kosong di sekitar lingkungan tempat tinggal.

“Banyak tanaman yang bisa kita tanam. Seperti jahe merah, dan sayuran lainnya. Semua itu bisa ditanam di lahan sekitar pekarangan rumah,” ujar Pelda Suborno saat menyambangi Rumah salah seorang Warga Binaannya, di desa Lubuk Baru Kecamatan Sosoh Buay Rayap Kabupaten OKU, Rabu (06/01/2021).

Gerakan ini juga sebagai bagian dari antisipasi melonjaknya harga Jahe Merah dan sayur lainnya di pasaran. Sehingga dengan melakukan penanaman sendiri bisa membantu mengurangi beban masyarakat.

“Terlebih disaat situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini. Selain itu gerakan ini juga untuk memberikan pengetahuan dan contoh tentang teknik bercocok tanam yang baik kepada warga. Sehingga bisa menarik minat serta motivasi bagi masyarakat, termasuk mewujudkan lumbung ketahanan pangan nasional,” katanya.

Pelda Suborno menambahkan bahwa warga bisa memanfaatkan lahan kosong di sekitar pekarangan rumah mereka menjadi lahan produktif.

Ini merupakan alternatif pemenuhan kebutuhan konsumsi sayuran segar, tahan lama, serta mudah didapat, di samping untuk penghijauan.

“Kegiatan tersebut juga dijadikan sebagai wahana untuk memupuk rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara Babinsa dengan warga,” ujarnya. (Pendim OKU).

No More Posts Available.

No more pages to load.