Babinsa Koramil 403-02/Peninjauan Kodim 0403/OKU Melakukan Sosialisasi Cegah Kahutla dan Saber Pungli

oleh -499 Dilihat

Peninjauan – Jajaran TNI melalui Babinsa, terus berupaya mensosialisasikan dan melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) terkait bahaya serta dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terhadap masyarakat.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi terjadinya Karhutla hingga dapat dilakukan pengawasan secara bersama-sama. Dan sebagai himbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan saat akan membuka lahan perkebunan.

Untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan tersebut maka Danramil kapten Arm M. Fauzi yang diwakili Babinsa Koramil 403-02/Peninjauan Sertu Usman melaksanakan sosialisasi saber pungli dan larangan membakar lahan pertanian menjelang musim kemarau bersama babinkamtibmas polsek Sinar Peninjauan Bripka Sugi Hartono dan Kepala desa Karya Jaya Bapak Ahmad Efendi, Senin (15/06/2020)

“Kami dari Babinsa menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan perkebunan dengan cara membakar, karena perbuatan itu bisa berujung pada tindak pidana yang bisa merugikan diri sendiri dan orang banyak, apalagi saat ini sudah memasuki musim kemarau, sehingga mengakibatkan terjadinya panas yang berkepanjangan yang berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan,” ungkap Sertu Usman.

Pihaknya bersama Perangkat Desa sepakat untuk mensosialisasikan Karhutla kepada setiap pemilik lahan dan masyarakat pada umumnya untuk mencegah Karhutla di Kecamatan Sinar Peninjauan sebab jika pencegahan ini berhasil tentu tidak perlu melakukan pemadaman, imbuhnya.

Bahkan kami terus mengadakan himbauan kepada masyarakat tentang aturan hukumnya, sehingga masyarakat yang selama ini belum tahu sudah mulai mengerti akan bahaya terjadinya Karhutla, pungkasnya.

Sementara Kepala Desa Karya Jaya sangat berterima kasih kepada Danramil dan babinsa 403-02/Peninjauan yang telah memberikan pemahaman tentang karhutla kepada warga desa Karya Jaya.(Tim)

No More Posts Available.

No more pages to load.