Babinsa Koramil 15/Belitang II Dampingi Vaksin Hewan Ternak Cegah PMK

oleh -442 Dilihat

Kodim OKU – Babinsa Koramil 15/Belitang II, Kodim 0403/OKU Kopda Supriyono Melaksanakan pendampingan pemberian vaksin untuk ternak warga mengantisipasi penyakit PMK oleh UPTD. Peternakan bertempat di Desa Keli Rejo, Kecamatan Belitang II Kabupaten OKU Timur, Kamis (04/08/2022)

Pemerintah tengah gencar memberantas adanya wabah penyakit virus pada Hewan Ternak akut penyakit mulut dan kuku (PMK) yang tersebar di berbagai daerah. Penyakit mulut dan kuku (PMK) tergolong penyakit menular yang rentan menyerang pada hewan berkuku belah/genap seperti halnya sapi.

Pencegahan penularan PMK dilakukan dengan cara mencuci kandang, peralatan, kendaraan, dan bahan-bahan lain yang memungkinkan bisa menularkan PMK dengan deterjen atau disinfektan.

Harus diketahui bahwa gejala hewan ternak terkena PMK yaitu ternak terlihat demam tinggi, menggigil mengalami tidak nafsu makan (anorexia), penurunan produksi susu yang drastis pada sapi perah, keluar air liur berlebihan, hewan lebih sering berbaring, luka pada kuku bahkan kukunya terlepas,” himbuhnya

Di tempat yang sama Babinsa Kopda Supriyono menambahkan bahwa TNI selalu siap membantu pemerintah dalam mencegah dan menangani penyebaran virus PMK di wilayah binaan.

Kami juga menghimbau kepada warga yang memiliki ternak sapi untuk rutin membersihkan lingkungan kandangnya, dan apabila ditemui ada hewan ternak bergejala PMK, segera laporkan, sehingga dapat segera ditangani guna mencegah penularan PMK terhadap hewan lain,” pungkasnya. (Pendim OKU)

No More Posts Available.

No more pages to load.