Apel Kesiap siagaan Tim Pemakaman Covid-19 Kab OKU

oleh -760 Dilihat

Baturaja – Dalam kondisi Pandemi seperti ini mengakibatkan ketidakpastian untuk menentukan bahwa jenazah atau seseorang yang meninggal itu akibat dari Covid-19 atau bukan, hal ini membutuhkan langkah-langkah tata laksana secara spesifik untuk mencegah penyebaran kepada tenaga medis maupun tenaga pemulasaran jenazah atau keluarga dan masyarakat pada umumnya.

Hal ini disampaikan Dandim 0403 OKU, sekaligus ketua tim pemakaman Covid-19 OKU Letkol ARH Tan Kurniawan, S.A.P, M.I.Pol pada saat pelaksanaan pelatihan prosedur pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19 yang digelar di lapangan upacara Pemkab OKU Selasa (19/05/2020)

Pada pelaksanaannya tim Satgas Covid-19 yang dipimpin Dandim 0403/OKU mempraktekkan cara penanganan proses pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19 sesuai prosedur protokol kesehatan yang berlaku.

Pada simulasi tentang prosedur pemulasaran dan pemakaman jenazah Covid-19 ini ada beberapa langkah untuk di pedomani, ini memuat sejumlah prosedur keamanan dalam mengurus jenazah Covid-19.

Langkah-langkah tersebut antara lain petugas kesehatan harus menggalakkan kewaspadaan standar tertentu mengenai pasien yang meninggal akibat penyakit menular, APD harus digunakan dalam mengurus jenazah, jika pasien tersebut meninggal.

Jenazah harus terbungkus seluruhnya dalam kantong jenazah yang tidak mudah tembus setelah dipindahkan ke kamar jenazah.
Jangan ada kebocoran cair yang mencemari bagian luar kantong jenazah. Jenazah sebaiknya tidak boleh dari 4 jam harus segera disemayamkan dan pemulasaran jenazah.

Simulasi yang digelar itu bertujuan untuk meneguhkan komitmen Pemkab OKU kepada masyarakat terkait penyediaan lahan khususnya untuk jenazah Covid-19, sekaligus memastikan kesiapsiagaan tim dalam penanganan prosesi pemakamannya. Simulasi ini dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan, panduan Kemenag dan juga fatwa MUI nomor 18 tahun 2020.

Tim yang terlibat pada acara ini, tim pengamanan, keagamaan, pemulasaran, penggali kubur, pemakaman, tim mobil ambulan, dan petugas Covid-19 OKU lainnya. (Tim)

No More Posts Available.

No more pages to load.