Babinsa Dampingi Petani Dalam Usaha Pengendalian Hama Burung

oleh -659 Dilihat

Kodim OKU – Bintara Pembina Desa Koramil 09/Muaradua Kisam babinsa Sertu Iskandar turun ke sawah mendampingi para petani mengendalikan hama burung pipit yang menyerang padi di lahan persawahan Desa Bandar Alam Lama Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan, Rabu (13/01/2021).

Kebutuhan masyarakat terhadap konsumsi beras yang selalu tinggi, membuat petani berlomba-lomba untuk menghasilkan produksi panen terbaik. Salah satu upaya petani untuk meningkatkan produksi panen, salah satunya adalah mencegah atau menghalau hama burung yang sering memakan biji-biji padi sebelum dipanen.

Babinsa membantu petani membuat alat untuk mengusir burung. Babinsa mengatakan hama burung pipit ini bisa dihalau dengan banyak cara selain dengan teriak dan peralatan sederhana seperti orang-orangan sawah.

Babinsa mengakui “Sebenarnya banyak metode yang digunakan untuk mengusir hama burung ini. Dengan teriak dan membuat orang-orangan sawah, itu bisa. Namun akan lebih baik jika petani membuat alat sederhana yang bisa digerakkan dan alat itu yang mengeluarkan suara,” ungkapnya.

Saat mendampingi petani, Sertu Iskandar serta petani menggunakan alat  dari bahan-bahan di sekitar rumah yang tak terpakai seperti benang untuk membunyikan kaleng pada umbul-umbul, hingga memasang plastik kresek.

“Hal tersebut sebagai upaya agar hasil padi tidak diganggu oleh burung, sehingga hasil panen yang diperoleh maksimal dengan tidak terganggu hama”, pungkasnya. (Pendim OKU).

No More Posts Available.

No more pages to load.