Dandim OKU, Sebagai Irup Upacara Hari Kesaktian Pancasila

oleh -70 Dilihat

OKU – Kodim 0403/OKU menggelar upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024, yang berlangsung dengan khidmat di Lapangan Makodim 0403/OKU Jl. A Yani KM 6 Kemelak Bindung Langit Kecamatan Baturaja Timur Kabupaten OKU, Selasa (01/10/2024)

Dandim 0403/OKU Letkol Inf Harri Feriawan Rumawatine bertindak sebagai inspektur upacara, Danramil 01/Pengandonan Kapten Kav Adi Supriadi selaku Komandan Upacara, dan Danramil 12/Baturaja Kapten Inf Surasa sebagai Perwira Upacara.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila dengan tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas” upacara di ikuti seluruh anggota dan PNS Kodim 0403/OKU. Momentum ini mengingatkan perjuangan para pahlawan, kita harus mengetahui sejarah. Ideologi Pancasila adalah ideologi pemersatu bangsa, dalam kehidupan sehari-hari di Kabupaten OKU Pancasila sebagai dasar penguatan karakter menuju Indonesia maju.

Dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kita bulatkan tekad mari pertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hari Kesaktian Pancasila setiap 1 Oktober setiap tahunnya adalah hari peringatan tetap tegaknya dan saktinya Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia, atas upaya Komunis PKI melakukan pemberontakan yang pada puncaknya terjadi tanggal 30 September 1965 yang lebih dikenal dengan “G.30 SPKI” dengan menculik, menyiksa dan membunuh para Jenderal terbaik TNI AD beserta keluarga serta para pengawalnya, kemudian jasad mereka dibuang di sebuah sumur/lubang yang dikenal dengan sebutan “Lubang Buaya” (Sumur tersebut bertempat di Monumen Kesaktian Pancasila Jakarta), sehingga peringatan ini sebagai wujud instrospeksi diri Bangsa Indonesia agar kejadian kelam yang menyayat bangsa ini kedepan tidak terulang kembali (Pendim OKU)

No More Posts Available.

No more pages to load.