Babinsa Koramil 04/Belitang Latih PBB Kepada Pramuka

oleh -328 Dilihat

Kodim OKU – Babinsa Koramil 04/Belitang Serda Giyarno melatih PBB kepada anggota Pramuka Wira Kartika dalam rangka meningkatkan rasa cinta tanah air dan Wawasan Kebangsaan. Bertempat di Makoramil 403-04/Belitang, Kabupaten OKU Timur, Minggu (10/09/2023)

Selain materi PBB yang disampaikan juga diberikan materi tentang Wawasan Kebangsaan, dengan tujuan agar para anggota Pramuka mengerti tentang sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan, sehingga dengan begitu para peserta mengerti tentang nilai-nilai kemerdekaan yang sudah kita rasakan saat ini, ” kata Serda Giyarno

Ditempat terpisah Danramil 04/Belitang Kapten Arm Mazani menyampaikan selamat kepada siswa bisa ikut kegiatan kepramukaan. Karena dengan mengikuti kegiatan tersebut banyak manfaat yang bisa diperoleh seperti melatih anak untuk mandiri. Melalui kegiatan Pramuka, anak akan dilatih dengan berbagai aktivitas yang jauh dari rumah dan tidak melibatkan orang tua, salah satunya adalah berkemah. Saat berkemah si kecil akan dituntut untuk tinggal hingga mengurus segala sesuatu bersama anggota yang lain, mulai dari memasak, mencuci, hingga membersihkan tendanya.

Melatih untuk Lebih Disiplin. Kegiatan Pramuka biasanya sudah memiliki jadwal serta peraturan yang ketat. Semua peserta Pramuka juga harus mematuhi dan mengikuti seluruh rangkaian acara dari awal hingga akhir, mulai dari mengikuti upacara apel, mengumpulkan tugas, istirahat pada waktu yang ditentukan, hingga mengenakan atribut lengkap.

Membangun Karakter Gotong Royong. Kegiatan berkemah dari Pramuka juga bisa mengasah karakter gotong royong pada diri anak. Ya, karakter gotong royong dapat dibangun ketika si kecil dan seluruh penghuni tenda bersama-sama membangun tenda. Kemudian, mereka juga harus bergotong-royong untuk menyelesaikan pekerjaan, misalnya memasak atau mencuci piring.

Mampu Meningkatkan Rasa Kepedulian. Kegiatan tim yang dilakukan di dalam Pramuka juga bisa meningkatkan rasa kepedulian anak. Anak juga Diajak untuk Belajar Mencintai Alam. Belajar Bekerja Sama dan juga Melatih Kepemimpinan,” Pungkas Danramil (Pendim OKU)

No More Posts Available.

No more pages to load.